Total Tayangan Halaman

Minggu, 02 Juni 2013

Ini adalah kisah nyata saya selama liburan>>>




Liburan awalnya saya ramalkan akan menjadi hari semi sibuk, mengingat ada beberapa tanggungan yang harus saya kerjakan, nulis untuk proyek pribadi dan grup untuk UKM, ngeliput, ngejar target buat lomba yang coba-coba saya ikuti. Namun, yang terjadi justru jauh dari ramalan saya (kan eyke bukan Dedy corbuzer cyin,hoho). Jadi begini, selama liburan ini saya baru sadar kalo saya mandul (Oh...tidaak!! kamu ga bisa punya anak Gia??), bukan, bukan itu! jangan berpikir terlalu dramatis dulu, saya mandul disini maksudnya adalah saya ga punya keturunan karya selama liburan ini. Ga tau kenapa, sudah coba saya tulis puisi, opini ato apalah yang setidaknya bisa mensunat tanggungan saya itu, tapi yang terjadi saya malah guling-guling di atas kasur, beradegan ranjang (maksud disini adalah tepar-meluk guling), update status dan terlena oleh bius TV, . Alhasil, proyek saya ga kelar-kelar, selama hampir dua minggu nangkring di rumah yang bisa saya hasilkan adalah 1 liputan berita, 1 puisi, wes itu tok! Padahal saat hari-hari biasa saat kuliah dulu, hampir tiap hari saya menghasilkan minimal 1 karya, entah itu puisi ataukah hanya fiksi mini. Beberapa penyebab pun sempat saya ciduk sebagai tersangka utama kemalasan saya ini, dan mereka adalah *jreng jreng*

1. Terjebak zona nyaman
Gara-gara sudah liburan, kuliah absen, no tugas, no quiz, hidup pun serasa bebas seperti merpati. Zona nyaman itu memang nyaman, tapi hati-hati dibalik semua kenimatan itu ada bisa yang membuat kita mati rasa akan tanggungan yang selama ini harus dikerjakan

2. Tidak adanya "the power of kepepet"
Orang bilang kalo kita kepepet maka kita akan terangsang untuk melakukan segalanya cepat, inspirasi pun sperti disodok untuk segera menyeruak, dan kita pun langsung segera menunaikan kewajiban, dan itu belum saya rasakan, hihihih…Oleh karena itu, pepet saya donk…. :D
3.Kurang baca
Selama liburan ini saya kurang baca, palingan baca majalaH aja, itupun Cuma satu majalah yang saya selesaikan berhari-hari. Selebihnya tidak ada. Mungkin karena saya tidak ada bahan yg menurut hati saya pas untuk dibaca. Solusi untuk ini sudah saya pikirkan, yaitu dengan mengunjungi perpus daerah, eh tapi niat itu selalu digagalkan oleh nafsu saya yang on fire kalo masalah tidur dipagi hari. Alhasil, beginilah, saya Cuma bisa nulis beginian, kurang berbobot ya mungkin….tapi tak apalah, yang penting nulis, hoho.



Senin, 12 November 2012


CURRENCY

Kali ini saya akan membahas tentang ‘Currency’ (mata uang), dalam hal ini adalah mata uang di Amerika serikat. ‘Bill’ adalah sebutan untuk uang kertas disana. ‘Change’ berarti uang kecil (coin) yang kita punya di dompet, atau bisa pula bermakna  ‘uang kembalian’. Berikut adalah macam-macam uang di amerika serikat atau kanada
A or one penny = one cent =                         1 ¢               =        $ .01
A or one nickel = five cents =                      5 ¢              =        $ .05
A or one Dime = ten cents =                          10 ¢             =        $ .10
A or one quarter = twenty-five cents =         25 ¢            =        $ .25
A or one half-dollar = Fifty cents =               50 ¢            =        $ .50
A or one dollar = One hundred cents =           100¢            =        $ 1.00








 Urutan gambar dari atas ke bawah: dime, half dollar, nickel, quarter dollar, penny, one dollar

Ada dua cara berbeda untuk melafalkan harga. Cara pertama adalah dengan menyebutkan dollar dan cent. Contoh :
$ 10.95        Ten dollars and ninety-five cents
$ 300.10      Three hundred dollars and ten cents
$ 1248.20    One thousand forty – eight dollars  and twenty cents
Cara kedua adalah dengan tidak menyebutkan ‘dollar’ dan ‘cent’. Angka yang menyatakan dollar dibaca dalam satu atau dua grup angka, dan angka yang menyatakan cent dibaca dalam satu grup. Contoh :
$ 10.95        Ten ninety-five
$ 300.10      Three hundred ten
$ 1248.20    Twelve forty-eight twenty

Now, LET’S Practice !!
Say these following price in two ways !
1.       $30.30                                                        6.       $50.20
2.       $150.10                                                       7.       $2.30
3.       $1250.50    
4.       $888.80
5        $6.25

Key answer
1.       Thirty dollars and thirty cents
          Thirty thirty
2.       One hundred fifty dollars and ten cents
          One fifty ten
3.       One thousand two hundred fifty dollars and fifty cents
          Twelve fifty fifty
4.       Eight hundred eighty-eight dollars and eighty cents
          Eight eighty –eight eighty
5.       Six dollars and twenty five cents
          Six twenty five
6.       Fifty dollars and twenty cents
          Fifty twenty
7.       Two dollars and thirty cents
          Two thirty
         



hari ni tiba2 pikiranku melakukan perjalanan wktu. masih ku ingat...
- saat daftar ulang di SMADA, dokumenku ktinggalan di fotocopy-an shg ayahku sdikit jengkel oleh ke pikun-anku,hehe
- hari pertama MOS, saat itu hari masih siang, kalo tidak salah jam 2 hari minggu. hari pertama aku memakai spatu baruku. berkumpul di lapangan SMADA, menunggu pengumuman di gugus manakah kami berada...dan ternyata...aku di gugus Al-Khawarizmi !!!! sebuah gugus dg yel2 atau jargon aneh : “Al-khawarizmi??!!!! WHAT??!! my gugus IS THE BEST !!! Yaiyalah.... masak odong2?? “dan saat itu aku berpikir : “ apa hubungannya odong2 ma Al-khawarizmi????!!”  jujur aku malu dg yel2 gugus kami yg seharusnya menjadi kebanggan kami itu..apalagi kami diharuskan bergaya lebay plus meniru gaya abang supir odong2 mengendarai tumpangan kebanggaannya itu (Oh my God!!!! help me! )  tapi yasudahlah..aku ikut kakak2 saja...biarkan yel2 GeJe itu membahana sementara HANYA di MOS
- Tidak hanya yel2 aneh yg membuat kesan pertamaku buruk dg gugus ni..tapi jg karna 1 orang yg sudah aku hafal wajahnya bertaun-taun! Ya! benar ! dialah orangnya! RATI..R-A-T-I ! RA-TI.. sesosok  wanita berambut panjang dg tatapan liar dan penuh tipu daya,,,mampu menyihirku utk bernegatif thinking bahwa orang ni lebih tepatnya wanita muda ni angkuh dan aku tak mau dekat dengannya.. (Oops! maaf Te...) but i was wrong
- Hari pertama MOS. saat itu guru yg mengisi di gugus ku adalah pak Yahya. badannya yg tinggi, tegap dg rambut stengah plontos (tp bukan botak y!) maksud penulis disini adalah sedikit rada2 semi botak hampir gitu ya ehmm potongan rambutnya hanya menyisihkan 1-2cm dr panjang  semestinya..sempat membuatku mengira bhwa dia pasti  guru olahraga. Saat itu,aku masih ingat lagi, pak Yahya sempat menegur orang ituh! yah! orang ituh! wanita dg tatapan menipu ..beliau berkata pada Rati di sela2 menjelaskan tata tertib SMADA “Nak,mon bisa obu’na tale’e ye...! polana e dhiya banne parade gadis sunsilk...”  haha..aku tertawa kecil.. anak itu, memang mencuri perhatianku sejak awal bertemu.
- hari ke-2 MOS. Oh tidaaakkk....!!!! aku telaaattt!!! hal ni membuatku terpaksa dihukum lari mengitari lapangan 3X (kalo tidak salah c 3X,tak tao mon lebih,hehe) dan saat aku masuk kelas...jreng jreng!!! nampaklah sesosok (lagi2 sesosok) wanita 40 tahunan dg tatapan tajam!! lipstiknya merah menyala...saat kami (kebetulan saat itu,tidak hanya aku yg telat) mau menuju bangku kami, tiba2 ...“eh,eh,ehh...kadhimma’a?? sini berdiri dulu di depan!”  kami pun berjejer di depan , kami pun diinterogasi satu persatu tentang alasan mengapa kami terlambat. lalu saat tiba pada giliran wanita (tp bukan saya) beliau berucap “areya pole babine’! huuuhhh..babine’ telat..tak todhuz..arapa mi’ telat??!! “  sambil mengurai  tatapan tajam pada terdakwa dalam sidang kasus penyelewengan waktu masuk sekolah.   Pelik, aku pun menunduk,berharap tak disinggung jg. Sbg wanita, singgungan diatas cukup bisa membawa martabat seorang wanita turun pada level yg tidak disarankan!    Alhamdulillah,harapanku di kabulkan oleh Yang Maha Kuasa :)
Namun, ocehan2 pedas tak finish sampai disitu saja. masih ada babak perpanjangan waktu. Setelah kami duduk,kurang lebih 2 menit setelah kami memanjakan pantat di atas bangku masing2. Tiba-tiba... “pandangan pertama itu penting. memang c masi ada pandangan ke2,ke3 dan sterusnya. Tapi...pandangan pertama adalah penentu,penilai sebelum kita mengenal lebih jauh seseorang. nah,kalo pandangan pertama saja jelek,pasti kita menilai orang itu jelek juga...mungkin malah males untuk mengenal lebih jauh..karna pertemuan saja sudah memberi kesan yg tidak baik. Nah, padhana se telat2 reya..areya la contoh bahwa pandangan pertama kalian itu jelek! areya engko’ buru pertama kale toju’ e dhiye,laju pas nangale oreng2 se telat..huh lahh..”  begitulah kawan, pandangan pertama yang aku buat untuk bu Tika :)> TO BE CONTINUED
(Ditulis April 2012)

Sabtu, 10 November 2012

Kenapa "giamugilgil' ?



Well, mungkin banyak diantara kalian yang sedikit mengernyitkan dahi atau bahkan sedikit tertawa ketika mendengar ataupun membaca alamat blog ini : giamugilgil.blogspot.com
Giamugilgil?? nama alien macam apa itu?? :D Ilham GJ macam apa yang menginspirasi anak ini untuk memberi nama "giamugilgil"?? Seorang teman bahkan menerka bahwa gia‘mugilgil’ itu kepanjangan dari “Gia kamu gila gila”. Dasar teman saya itu emang ga tau diri! padahal diri sendirinya lebih gila dari saya :D

            Begini, begini..saudara dan saudariku sekalian..  (eh, kapan bapak lho kawin ma emak gue??!! :D )  Giamugilgil adalah 2 kata yang punya sejarah yang berbeda tapi tetep satu kesatuan, Gia dan mugilgil.  Gia adalah nama panggilanku, proses terjadinya adalah nama saya yang cantik itu "Anggia"  (ehem,ehem,,maaf kalo terlalu jujur :D ) saya sembelih dikit di daerah 'Ang'  sehingga jadilah "Gia" G-I-A :).  So, what about the second name?? "mugilgil" what does it come from?? Nah, kalo yang ini ada filosofinya sendiri. Begini,ehem,ehem, dulu, almarhum ayah saya (my left dad) sering memplesetkan nama-nama disekitarnya, termasuk kata-kata laiinnya dengan membubuhkan lalu mematikannya  ke 'L'. Contoh : Gia--> menjadi Gial, Randi--> menjadi Randil, Ebok (Ibu)--> menjadi Ebol, Tivi--> Tivil, dll.  Tidak selesai sampai disitu, beliau juga sering mengucapkan kata-kata lucu yang saya tau tidak punya arti, yaitu dengan mengulang suku kata pertama lalu disisipi 'mo' atau ‘mu’ didepannya, kalo rada bingung maka saya kasih rumusnya : Suku kata + Mo/Mu+suku kata yang telah diucapkan,,seperti : Zeg-zeg..Mo...Zeg, Nyel-nyel...Monyel-nyel, Zig-zig...Mu...zig-zig, Bek-bek...mobek-bek..begitu seterusnya—khusus saya beliau sering memanggil nama saya dengan Gil-gil...Mugilgil, Gel-gel...Mogelgel. Beliau sering mengucapkannya ketika pulang kantor, malam-malam, habis mandi, habis makan, pas nonton TV, dan di segala kesempatan yang kadang tak saya duga dan harapkan. Sifat ayah sperti itu makin ‘parah’ ketika saya bersama beliau. Hal ini dikarenakan karena hanya sayalah anak beliau yang mau menirukan bagian Mo+suku kata. Mas saya (kami hanya 2 bersaudara) enggan, atau lebih tepatnya ilfil untuk menirukan beliau karena mas saya menganggap hal tersebut konyol dan kekanak-kanakan. Tapi kami (saya dan ayah) cuek saja :D, sampai Ibu saya menegur ayah saya, yang kira-kira hasil translate-an madura-bahasa Indonesianya begini “ Yah, jangan keras-keras kalo bilang..kedengaran sama orang yang beli-beli di toko. Mereka nyangkain ayah lagi ngapain, bilang-bilang begituan.” Ayah saya hanya tertawa menanggapinya, dan tetap tak jera melakukannya
  Jujur, saya ga tau motivasi ayah saya melakukan hal konyol tersebut, padahal usianya sudah mulai lanjut, tapi saya akui kekonyolannya saya rindukan :'). Sekarang, kekonyolannya memang tak bisa saya nikmati lagi, tapi saya tak pernah sungkan untuk menikmatinya di memori saya. ^_^
Good bye,Dad. Thanks for filling my days with your lovely and crazy things :’)

Nah, sekarang kalian gak bingung lagi kan kenapa ada nama aneh ‘mugilgil’ di blog saya :D

Oia, buat kalian yang pengen tahu atau penasaran sama almarhumah ayah saya yang GJ beud.. Ini dia fotonya ^_^

ini pas beliau lagi meluk saya waktu kecil ^^
 kalo yang ini beliau lagi bergaya di atas meja *assekk* unyu ya??
                                                              hehe, foto ini diambil pas beliau baru diangkat jadi PNS ^^


Jumat, 09 November 2012

Hai, hai ketemu lagi sama saya...hahahahhah  *apa sich*   in this
special occasion, saya bakal share list ebook yang Insya Allah bagus ^_^

http://www.mediafire.com/download.php?2zzaplv0cemsm9h
Bukti Kebenaran Al-quran- Abdullah M. Al-Rehaili

http://www.mediafire.com/download.php?jrx1b4ake86gaso
Children of The Lamp P.B Kerr


http://www.mediafire.com/view/?o4qn1zw41o386rd
Bidadari-bidari Surga- Tere Liye


http://www.mediafire.com/view/?nxowm6qqkjrta95
Dunia Shopie-Firman L.The Kidd

Happy Downloading ! Selamat menyedot! * sruutt  srruutt...*



Legenda Pribadi


"bukankah masa tergelap malam adalah menjelang fajar"

pepatah itu aku dapat setelah aku membaca sebuah novel berjudul Sang Alkemis, novel dengan cerita sederhana namun sarat makna akan kehidupan terutama soal Legenda Pribadi (mimpi)  Kadang kita ragu untuk terus melangkah ketika ujian (yg menurut kita) terberat datang. Tak sedikit orang yang keberanian dan jiwanya ringkih setelah cobaan terberat datang. Mereka memilih untuk mundur. Hegemoni ketakutan dan pesimis lebih berkuasa saat itu, padahal hati terus bertalu, memukul-mukul jiwa untuk terus meraih legenda pribadi ; suatu hal menurut Sang Alkemis yg harus kita tunaikan. Kebanyakan dari kita mengabaikan kata hati ini, tapi ketahuilah sekeras apapun akal kita menolak, suara hati akan tetap berkumandang. Dan sayangnya, ini yg kebanyakan terjadi, suara hati itu kalah saing, seiring berjalannya waktu dan makin hebatnya nalar kita mencerna keadaan. Akalpun berkuasa, hal inilah yg mengkontaminasi suara hati sehingga ia mulai kehilangan gaungnya, dan kitapun menyerah, mengikuti keadaan, pasrah. Ketahuilah kawan, aku yakin, bahkan pada saat sperti itupun, hatimu,hatiku, masih bersuara, memanggil jiwa untuk datang pada sang legenda pribadi ; sesuatu yg sangat ingin kita capai, meski suara itu berdesibel rendah, sangat rendah. Teringat percakapan di novel tersebut  


"mengapakah kita harus mendngarkan hati kita?" tanya si bocah saat mreka membuat tenda hari itu
"karena dimanapun hatimu berada, disitulah akan kau temukan hartamu."

kawan, percayalah... kata hatimu akan selalu menuntunmu pada hal yang kau impikan, inginkan, meski dengan cara yang tidak terduga, bahkan tak kita mengerti,, yang perlu kita lakukan adalah mengikuti kata hati.  Untuk kawan-kawan yang sedang didera cobaan berat sabarlah... sebentar lagi Insya Allah, kita akan sampai pada  apa yg kita cita-citakan dan impikan. Amin :)  INGAT !  Kegagalan bukanlah pertanda kita TIDAK MAMPU tapi kita hanya BELUM MAMPU !!

Oia, bagi yang penasaran pengen tau novel yang aku singgung diatas (Sang Alkemis) bisa disedot di bawah ini
http://www.mediafire.com/download.php?bhgz6hff22l9fgb